NETFID Resmi Sebagai Lembaga Pemantau di PEMILU 2019

Sebagaimana diatur dalam pasal 438 dan 439 UU Nomor 07 tahun 2019, bahwa setiap lembaga yang berbadan hukum yang ingin melakukan pemantauan harus terdaftar dan terakriditasi melalui Bawaslu. Hal ini penting dilakukan bukan saja hanya sekedar memenuhi syarat sebagai pemantau, tapi hal yang subtasi adalah pengakuan resmi secara kelembagaan dan perlindungan lembaga untuk melaksanakan pemantauan disetiap tahapan pemilu 2019.

“Alhamdullilah, akhirnya Netfid secara resmi sudah dinyatakan sebagai lembaga yang turut memantau di Pemilu 2019,” Ungkap Dahliah Umar sebagai Chairperson ESP. Menurutnya, proses pengajuan ini tidak terlalu memberatkan lembaganya. Secara adminstratif, syarat menjadi pemantau sedikit banyak Netfid dibantu Bawaslu dalam melengkapi syarat yang dibutuhkan. Akhirnya, kami dinyatakan sebagai salah satu lembaga yang ikut pemantauan di Pemilu 2019. “Sebelumnya, akreditasi pemantau dilakukan oleh KPU, tapi sejalan dengan UU No. 07 tahun 2017, akreditasi dilaksanakan Bawaslu,” Ujar Dahliah Umar, anggota KPU DKI Jakarta 2008 – 2018. Walau ada peralihan lembaga yang mengeluarkan akreditasi, syaratnya sama. “Netfid sebagai lembaga yang baru dibentuk, tidak mengalami kendala dalam menyiapkan semua administrasi yang dibutuhkan,” cerita Dahliah. Akhirnya melalui sertifikasi pemantau nomor 043/Bawaslu/2019 resmi milik Netfid.

WILAYAH PEMANTAUAN NETVID

Saat ini dalam melaksanakan pemantauan Pemilu 2019 Netfid baru mempatkan tenaga pemantau di tiga wilayah yaitu provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. “Rencana awalnya, kami ingin di 17 provinsi, karena baru 3 wilayah yang siap, kami putuskan untuk fokuskan di wilayah tersebut saja,” Ungkapnya. Tapi, jika wilayah-wilayah lain sudah siap, tinggal kami ikutkan saja,” Tururnya lebih lanjut.

Saat ini menurutnya NETFID mendaftarkan sebanyak 250 relawan untuk melaksanakan pemantauan di tiga wilayah tersebut. “Mudah-mudah sebelum pemungutan dan penghitungan dilaksanakan, relawan kami bertambah,” Harapnya. (TQ)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


14 + one =