Rapat Evaluasi Penyelesaian Sengketa, Dahlia Umar Jelaskan Masalah Krusial dalam Pilkada

Kelaspemilu.org  – Ketua Netfid Indonesia, Dahlia Umar menyampaikan masalah krusial Pilkada 2020. Hal tersebut dijelaskan secara komprehensif melalui kegiatan evaluasi pembinaan pelaksanaan penyelesaian sengketa yang digelar Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (16/09/2021).

setidaknya ada beberapa poin penting yang menjadi masalah krusial dalam Pilkada 2020 silam, yakni ;

Masalah persaingan yang seimbang dengan jumlah calon tunggal yang 3 dari 269 wilayah (2015), 9 dari 101 wilayah (2017), 16 dari 171 waliyah (2018) dan 25 dari 270 wilayah (2020)

Masalah hukum dan legitimasi pilkada mengenai pandangan tentang pandangan antara KPU dan Bawaslu tentang makna hukuman penjara dan masa tunggu 5 tahun yang menyebabkan calon kepala daerah yang tidak memenuhi syarat menurut KPU dinyataan sebaliknya oleh Bawaslu di Prov Bengkulu, Boven Digoel (Papua), Dompu (NTB) dan Lampung Selatan (Lampung).

“Hanya Kabupaten Nias Utara Bawaslu tidak menganulir keputusan KPU untuk mendiskualifikasi calon yang belum memenuhi masa tunggu 5 tahun setelah dipidana” ujar Dahliah

Masalah legitimasi pilkada tentang hasil sengketa pencalonan dimana rekomendasi Bawaslu tidak ditindaklanjuti oleh KPU untuk mendiskualifikasi calon yang melanggar pasal 71 UU No. 10 Tahun 2016 dan tidak ada usaha banding oleh Bawaslu: Pegunungan Bintang, Halmahera Utara, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Kaur, dan Kabupaten Kutai Kertanegara. Adapun Kab Ogan Ilir ditindaklanjuti oleh KPU Ogan Ilir, yang kemudian dianulir oleh Mahkamah Agung dan Kabupaten Banggai ditindakklajuti oleh KPU Banggai kemudian dianulir oleh Tata Usaha Negara.

Evaluasi sistem hukum pemilu di mana perbedaan pandangan terhadap makna masa tunggu 5 tahun pasca pidana penjara antara KPU dan Bawaslu akan mengakibatkan inkonsistensi calon kepala daerah yang tidak memenuhi syarat.

Bawaslu juga belum maksimal menjalankan kewenangannya untuk memperkuat rekomendasi Bawaslu dengan kajian yang mencari dan upaya banding dalam putusan sengketa oleh Bawaslu tutup Dahlia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


one × one =