Momentum Sumpah Pemuda : Netfid Indonesia turut Hadir dalam Kongres Kebangsaan

Kelaspemilu.org – Pada (28/10) telah terselenggara Kongres Kebangsaan dengan tema “Ikhtiar Memperadabkan Bangsa” yang diselenggarakan bersama oleh Aliansi Kebangsaan, Yayasan Suluh Nusantara Bakti, MPR RI, Forum Rektor Indonesia, HIPMI dan AIPI

Pada Kongres ini dihadiri oleh perwakilan Akademisi, Budayawan, Politisi, dan berbagai perwakilan elemen Organisasi Gerakan Kepemudaan dan Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Nusantara IV yang dihadiri kurang lebih 160 orang peserta secara langsung dan 400 peserta melalui platform zoom. Netfid Indonesia yang diwakili oleh Muhammad Fatikhul Alam Bima Sakti juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Agenda ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Momentum Sumpah Pemuda yang ke-93 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2021.

Kongres Kebangsaan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Doa dan Laporan Ketua Panitia. Berlanjut kepada sambutan-sambutan, sambutan yang pertama diawali oleh H. Bambang Soesatyo, S. E, M.B.A (Ketua MPR RI), kemudian dilanjutkan oleh Ir. H. Joko Widodo (Presiden RI), lalu Pontjo Sutowo (Ketua Aliansi Kebangsaan), setelah itu Prof. Ir. Panut Mulyono, M. Eng, D.Eng (Ketua Forum Rektor Indonesia), berlanjut Dr. H. Alfitra Salam, APU (Ketua AIPI) dan diakhiri oleh Akbar Himawan Buchari, SH (Wakil Ketua BPP HIPMI)

Setelah sambutan usai, kegiatan dilanjutkan dengan Testimoni Kebangsaan yang disampaikan secara berurutan oleh Perwakilan dari Kapolri, Dr. M. Imdadun Rahmat (PBNU), Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si (PP Muhammadiyah), Rm. Prof. Dr. Franz Magnis Suseno, S.J. (Budayawan), Henny Supolo Sitepu (Ketua Yayasan Cahaya Guru), Rukka Sombolinggi (Sekjen AMAN), Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. (Rektor Univ. Hasanuddin), Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri (Ketua Umum PPAD) dan diakhiri dengan Epilog yang disampaikan oleh Yudi Latif, Ph. D. (Pakar Kebangsaan)

Kegiatan ini ditutup dengan Pembacaan Ikrar Kebangkitan Kebangsaan yang dibacakan dari Perwakilan Peserta Kongres Kebangsaan.

H. Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR RI dalam sambutan nya menyampaikan bahwa kita perlu menguatkan nilai-nilai Pancasila dalam hari sumpah Pemuda ini agar terus tertanam dalam benak setiap Insan Indonesia.

Pada momentum Hari sumpah pemuda ini, mari kita terus kuatkan demokrasi kita, Kita hari ini dihadapkan dalam kesenjangan Demokrasi yang mengakibatkan banyak hal terjadi dalam dinamika masyarakat kita, disisi lain negara kita sebenarnya sudah memiliki sistem dan perangkat pemilu yang cukup baik. Maka perlu nya kita harus terus merawat dan memupuk agar Demokrasi kita terus berjalan maju, tutur Yudi Latif Ph. D. (Pakar Kebangsaan)

Laporan : M. F. A. Bima Sakti (Peneliti Netfid Indonesia)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


thirteen + fifteen =