Netfid SUMUT Gelar Orientasi Pengurus dan Kelas Pemilu

KelasPemilu.org – Medan, Netrwork for Indonesian Democratic society Sumatera Utara (NETFID SUMUT) melaksanakan orientasi pengurus dan Kelas pemilu Angkatan I, dengan tema Pemilu dan Demokrasi pada hari Rabu 30 Maret 2022 di Hotel Saka Medan yang diikuti peserta dari seluruh Pengurus NETFID Se-Sumatera Utara.

Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Orinetasi dan kelas pemilu angkatan I sebagai pondasi dasar bagi pengurus NETFID SUMUT dalam pemahaman kepemiluan. NETFID SUMUT akan hadir sebagai wadah untuk mencerdaskan masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu tutur Azlansyah Hasibuan ketua NETFID SUMUT

Kegiatan Orinentasi dan Kelas Pemilu angkatan I dihadiri ketua Umum NETFID INDONESIA Dahlia Umar yang langsung datang dari Jakarta. Pada pemaparan pidato pembukaan Ketua Umum NETFID Indonesia menyampaikan bahwa “Indonesia saat ini masih menganut sistem Elektoral Demokrasi, sehingga seluruh lapisan masyarakat harus ikut berpastisipasi dalam memilih wakilnya. Peran NETFID Indonesia dalam sistem demokrasi seperti ini harus lebih ditingkatkan apalagi dalam hal partisipasi pemilu.”

pada kelas Pemilu angkatan I NETFID Sumut mematangkan keilmuan tentang regulasi kepemiluan, model pendekatan politik perilaku, konflik, serta Institusional sehingga para alumni kelas pemilu NETFID SUMUT akan menjadi lembaga yang kokoh dalam pemantauan pemilu.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan kelas pemilu antara lain Kepolisian Daerah Sumatera Utara yang diwakili kepala bagian operasi Polda Sumut Kombes Pol. Desman Sujaya Tarigan, S.H, Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara Mulia Banurea, Dr. Elli Warnisyah Harahap, M.Ag, Syafii Sitorus, Ali Aga Hasibuan, S.H.I, El Suhaimi.

Output kelas pemilu angkatan I diharapkan dapat mendorong target pemerintah dalam hal partisipasi pemilih menjelang pemilu serentak 2024 sehingga target 78 persen partisipasi pemilih dapat tercapai khususnya di Provinsi Sumatera Utara tutup Azlan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


1 × five =